tips · March 25, 2023

Ucapan Lebaran Bahasa Jawa Halus Kromo Inggil

@metadewa

💙 sudah terjadi , tak perlu disesali 💙

♬ Sial (Remix) – Donny Fernanda

Ucapan Lebaran Bahasa Jawa Halus Kromo Inggil – Lebaran atau Idul Fitri adalah salah satu momen penting bagi umat Muslim di Indonesia. Pada hari tersebut, umat Muslim merayakan kemenangan setelah menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Di Indonesia, perayaan Idul Fitri seringkali diiringi dengan berbagai tradisi dan kebiasaan, termasuk di dalamnya adalah memberikan ucapan selamat Idul Fitri kepada kerabat, sahabat, atau tetangga.

Di daerah Jawa, terdapat bahasa khas yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat Idul Fitri yang disebut dengan bahasa Jawa halus atau kromo inggil. Bahasa ini digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua atau dianggap memiliki kedudukan yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa contoh ucapan lebaran dalam bahasa Jawa halus:

  1. Slametan sasiyah riyadi, Mugi rahmat Allah sawetara kita karsa ketemu marang rahayu.

Artinya: Selamat hari yang suci dan penuh berkah, semoga rahmat Allah menyertai kita semua dan mempertemukan kita dalam kebahagiaan.

  1. Sugi lan sirna ing sak durunge mangan, Siwalan kersaning Gusti ingkang sampun maringi kawisesan.

Artinya: Semoga segala dosa dan kesalahan kita terhapus saat kita berpuasa, dan semoga Allah memberikan kita kemampuan untuk menjalankan perintah-Nya.

  1. Rahayu ingkang samodra, Wewengkon nata ingkang paripurna, Duh mugi lintang kasungsangaken.

Artinya: Selamat hari yang agung, di mana alam semesta dan alam batin bersatu, semoga Allah mengabulkan segala doa-doa kita.

  1. Ingkang samya dalem rasa, kulo nglayani panjenengan.

Artinya: Dalam hati yang sama, saya melayani Anda.

  1. Rahayu yen ilang ing pangestu, rahayu yen eling lan waspada, Rahayu yen dumunung ing pandum.

Artinya: Selamat jika terlepas dari perintah, selamat jika selalu ingat dan waspada, selamat jika selalu mendapatkan kebahagiaan.

Itulah beberapa contoh ucapan lebaran dalam bahasa Jawa halus atau kromo inggil.

Semoga dengan menggunakan bahasa ini, kita dapat menunjukkan rasa hormat kita kepada orang yang lebih tua dan dihormati, serta memperkaya budaya kita sebagai bangsa Indonesia. Selamat Idul Fitri!

Originally posted 2023-03-11 01:40:57.